404 Not Found


nginx
PSB (Penerimaan Santri Baru) Tahun Ajaran 2023/2024 : Calon wali santri dan santri baru tertib melaksanakan prosedur penerimaan santri baru - AlFurqon Tulis

PSB (Penerimaan Santri Baru) Tahun Ajaran 2023/2024 : Calon wali santri dan santri baru tertib melaksanakan prosedur penerimaan santri baru

Kudus – PSB (Penerimaan Santri Baru) tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan pada Ahad (07/07) di PP. Al-Furqon Tulis Kampus 1 pukul 09.00 WIB.

Para calon wali santri dan santri baru tertib melaksanakan prosedur penerimaan santri baru sesuai dengan alur yang telah ditetapkan, dengan dibimbing oleh asatidz dan panitia.

Diawali dengan mengisi data hadir calon santri baru di meja resepsionis, kemudian para calon wali santri sekaligus santri berkumpul di masjid At-Taqwa untuk ijtima’ bersama pengasuh serta asatidz untuk mendapatkan bekal serta bimbingan mengenai hal kepesantrenan

خيركم من تعلم القران وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengamalkannya”

Moto pesantren yang diserap dari pesan Alm. KH. Abdul Bashir Muchtar, MA “Menghafal al-Qur’an bukanlah tujuan akhir, melainkan langkah awal menuju ilmu-ilmu yang lain”.

Ibu Nyai Hj Maskanah Zulfa Al Hafidzoh juga berpesan bahwa ketika hendak menitipkan anak di pondok pesantren, sudah sepatutnya orangtua harus memiliki sifat TITIP (Tega, Ikhlas, Tawakkal, Ikhtiar, Percaya).

“Pertama, Tega, orangtua harus tega membiarkan anak untuk dididik dan ditempa di pondok pesantren. Kedua, Ikhlas, dengan keyakinan lillahi ta’ala,  orangtua harus ikhlas anaknya belajar di pondok pesantren. Ketiga, Tawakkal, berserah diri kepada Allah SWT bahwa dengan memondokkan anaknya di pondok pesantren dapat menjadikannya اهل العلم و اهل القران “. Terang pengasuh.

“Selanjutnya, keempat, Ikhtiar, berusaha melalui 3D (Dukungan, Dana, Do’a) dari orangtua untuk si anak. Kelima, Percaya, orangtua harus percaya kepada pengasuh bahwa apapun yang diberikan demi kebaikan si anak”. Lanjut beliau.

Acara ijtima’ berlangsung dengan lancar hingga akhir kemudian ditutup dengan doa oleh pengasuh Ibu Nyai Hj Maskanah Zulfa Al Hafidzoh.

Setelah ijtima’ di masjid, kemudian dilanjutkan dengan pelunasan administrasi serta pengumpulan berkas, selanjutnya diarahkan ke tempat pengambilan kasur dan pengukuran seragam, disambung dengan sowan ke pengasuh secara bergiliran untuk meminta TTD  dari surat pernyataan yang telah diisi oleh calon wali santri, kemudian sebelum ke kamar masing-masing, barang bawaan akan di check in terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak ada barang terlarang seperti yang telah diberitahukan sebelumnya.

  1. Info Pendaftaran dapat di lihat di : Pendaftaran Santri PP. Al-Furqon Tulis Kudus
  2. Info PSB Santri Putra : Brosur Santri Putra
  3. Info PSB Santri Putri : Brosur Santri Putri

Para calon wali santri baru terlihat sangat bersemangat ketika hendak menitipkan anaknya di pondok pesantren, serta juga calon santri baru terlihat antusias untuk memulai harinya di pondok dengan bertemu teman baru serta aktivitas baru yang sudah ditetapkan di pondok pesantren.

Editor: Ust. Faruq Azri

DOKUMENTASI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Hubungi Admin Yuk!