404 Not Found


nginx
Sholat Idul Adha 1444 H bersama santri putra dan putri di masjid At-Taqwa PP Al-Furqon Tulis Kampus 1 - AlFurqon Tulis

Sholat Idul Adha 1444 H bersama santri putra dan putri di masjid At-Taqwa PP Al-Furqon Tulis Kampus 1

Kudus- Kamis, (29/06/23) PP. Al-Furqon Tulis menggelar sholat Idul Adha 1444 H bersama santri putra dan putri di masjid At-Taqwa PP Al-Furqon Tulis Kampus 1, pelaksanaan sholat Idul Adha dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan diimami oleh Ustadz Yusuf Azhari, S.S.I Al Hafidz serta khutbah diisi oleh Ustadz Roqi Muttaqqi, Lc. M.H.

Dalam Khutbahnya, beliau menerangkan bahwa Idul Adha juga dinamakan Idul Nakhr/ Idul Akbar/ Idul Qurban. Idul Akbar adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang kita lakukan sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT. Qurban berasal dari kata Qoroba  yang berarti dekat yaitu dengan kata lain senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam kandungan QS. Al-kautsar: 2 yang pertama adalah antara sholat dan qurban keduanya adalah hubungan yang sangat erat khususnya bagi manusia. Sholat adalah ukuran ketaatan yang khusus kepada Allah sedangkan qurban adalah bentuk hablumminannas kepada sesama manusia. Sholat dan qurban adalah indikator pertama beriman kepada Allah yang bersifat vertikal maka dari itu perbaikilah sholat kita dari sekarang.

Karena sejatinya hidup itu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah SWT seperti pesan yang pernah disampaikan oleh Alm. KH. Abdul Bashir Muchtar, MA. Al Hafidz  yaitu افعال لا تفعل (kerjakan yang diperintah, jauhilah yang dilarang).

Prosesi sholat Idul Adha 1444 H berlangsung dengan penuh khidmat dari dimulainya acara sampai selesai pada pukul 08.00 WIB, kemudian sebelum jamaah dibubarkan diadakan foto bersama terlebih dahulu. Setelah foto bersama para santri putra dan putri kembali ke asramanya masing-masing untuk persiapan sarapan, kemudian dilanjutkan dengan persiapan untuk penyembelihan dan pembagian hewan qurban sesuai dengan tugasnya yang sudah ditentukan.

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di PP. Al-Furqon Tulis Kampus 2, sebanyak 10 kambing. Hewan tersebut satu persatu disembelih oleh Ustadz Farid Anshori Al Hafidz dan Ustadz Yusuf Azhari, S.S.I Al Hafidz secara bergantian. Setelah penyembelihan dilanjutkan dengan menguliti hewan qurban oleh santri putra dan beberapa santri putri kemudian dilanjutkan dengan pembagian daging qurban yang dilaksanakan di Kampus 1, dibimbing oleh Ibu Nyai Hj. Maskanah Zulfa Al Hafidzoh bersama panitia santri putri lainnya.

Editor: Ust. Yusuf Azhari

DOKUMENTASI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Hubungi Admin Yuk!