404 Not Found


nginx
Istighoshah Arafahan, Haul ke-2 KH. Abdur Rozaq dan Nyai Hj. Noor Jannah - AlFurqon Tulis

Istighoshah Arafahan, Haul ke-2 KH. Abdur Rozaq dan Nyai Hj. Noor Jannah

Kudus – PP. Al-Furqon Tulis menggelar kegiatan tahunan sekaligus kegiatan selapanan yang bertepatan pada hari Rabu, (28/06/2023). Acara tersebut berisi kegiatan selapanan yaitu Rabu Kliwon dan kegiatan tahunan yaitu Istighosah hari Arafah 9 Dzulhijjah 1444 H sekaligus acara Kirim Do’a dalam rangka Haul ke 2 Alm. KH. Abdur Rozaq bin Imam Kholil dan Almh. Ibu Nyai Hj. Noor Jannah binti Bisri (orang tua Ustadzah Afifah/ besan Ibu Nyai Hj. Maskanah Zulfa Al Hafidzoh).

Acara dimulai pada siang hari dan hanya diikuti oleh santri putri saja, diawali dengan sholat Dzuhur berjama’ah yang diimami oleh pengasuh di masjid At-Taqwa, kemudian disambung dengan Istighosah hari Arafah, yaitu membaca surat al-Ikhlash sebanyak 1000x yang mana bacaan tersebut sesuai dengan hadis nabi sebagai berikut:

من قرأ قل هو الله أحد عشيّة عرفة ألف مرّة أعطاه الله ما سأل

“Barangsiapa yang membaca Qulhuwallahu Ahad (Surat Al Ikhlas) pada sorenya hari Arafah sebanyak 1000 kali, maka Allah akan mengabulkan apa yg dimohonnya.” Yang bersumber dari kitab Khozinatul Asror pada halaman 161.

Kataعشيّة di atas bisa diartikan menjadi dari Dzuhur sampai Maghrib.

Kemudian pada pukul 14.00 WIB, para santri beristirahat dan kembali ke asrama masing-masing, kemudian acara disambung kembali ba’da Ashar, bersamaan dengan kegiatan selapanan yaitu Rabu Kliwon dengan dihadiri oleh ibu-ibu tetangga atau ibu-ibu anggota Selapanan Rabu Kliwon dan segenap asatidz sekaligus dengan santri putra dan putri.

Acara tersebut berlangsung dengan penuh khidmat, para santri melanjutkan membaca surat al-Ikhlash sampai genap 1000x dan setelah selesai disambung dengan berdoa bersama dipimpin oleh Ibu Nyai Hj. Maskanah Zulfa Al Hafidzoh. Kemudian diakhiri dengan buka bersama setelah puasa Arafah, setelah itu, kemudian segenap Ustadzah serta santri putri mushofahah terlebih dahulu dengan Ibu Nyai Hj. Maskanah Zulfa Al Hafidzoh sebelum kembali ke asrama masing-masing.

Editor: Ust. Yusuf Azhari

DOKUMENTASI:

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Hubungi Admin Yuk!