Penghafal Quran harus menjadi Penengah

0
429

KH. Abdul Bashir Muchtar, pimpinan Pondok Al Furqon yang terletak di Dk. Tulis desa Gondosari Gebog ini adalah salah satu tokoh agama yang kharismatik di wilayah Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tokoh besan dari KH. Hasyim Muzadi ini juga terkenal dengan kepeduliannya terhadap masa depan generasi muda, tak terkecuali para penghafal Al Quran.

Terbukti dalam kehadirannya siang ini sehabis sholat jum’at (06/10/2017) di Masjid Al Hikam Depok dalam acara kuliah umum di awal beliau mengutip sebuah hadits yang berbunyi:
اهل القرأن اهل الله و خصته
“Ahlul Quran itu keluarga Allah dan keistimewaannya”.

Beliau mengatakan, seorang penghafal Al Quran haruslah memantaskan diri. Harus mempunyai ciri-ciri khusus tersendiri yang tidak sama dengan umumnya masyarakat.

Sembari mengutip hadits Nabi Saw “Bersihkanlah mulutmu.. “. Beliau berpesan, seorang penghafal Al Quran harus menjaga lisannya. Karena ia menjadi landasan keluarnya Al Quran, lewatan bahasa al Quran, cerminan Al Quran. Harus benar-benar menjaga akhlaknya, terutama sifat ikhlas.

“Insya allah (kalau kita ikhlas) apa yang kita sampaikan, akan di dengar oleh hati. Kalau tidak ikhlas, maka yang terjadi masuk telinga kanan keluar telinga kiri,” tegasnya.

“Jangan menyalahkan masyarakat, kitalah yang kurang pas. Makanya misi para nabi itu ikhlas, laa as alukum ‘alaihi ajron, laa as alukum ‘alaihi malan, saya tidak meminta upah kepada kalian, saya tidak meminta harta kalian,” lanjutnya.

{إِنَّهُ لَقَوْلٌ فَصْلٌ}
sesungguhnya Al-Qur’an itu benar-benar firman yang pertengahan (memisahkan antara yang hak dan yang batil). (Ath-Thariq: 13)

“Jadi antum yang hafal Al Quran ini harus jadi yang penengah dan perekat. Jika ada perselisihan, jadilah Al Quran yang penengah, menjadi perekat ummat dan perekat bangsa,” katanya.

Terakhir, beliau menasehati para santri Al Hikam agar memperbaiki niatnya di dalam belajar. Karena Nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya”. “Perbaikilah niat kalian, karena masa depan kalian tergantung disini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here